Cara Agar Blog Terindeks di pencarian google

Cara Agar Blog Terindeks(ada) di Pencarian Google


Postingan yang tak kunjung muncul di pencarian google atau istilahnya terindex kadang membuat sebagian blogger pemula frustasi. Namun membuat suatu postingan terindex di mesin pencari google itu tidaklah sulit jika mengetahui caranya. Untuk itu di sini saya akan membagikan bagaimana agar artikel/postingan cepat terindex untuk pemula.
Membuat postingan yang kamu publish tampil di search engine itu tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mendaftarkan blog kamu ke webmaster tool/search console(selanjutnya kita sebut search console), lalu mensubmit sitemap/peta situs dan juga mensubmit setiap artikel yang kamu buat di web tersebut.

Search console merupakan website milik google yang memang dibuat khusus untuk memudahkan setiap pemilik web, dalam hal ini blog untuk meminta perayapan bot search engine kepada situs mereka. Singkatnya, untuk memperkenalkan situs mereka ke search engine sehingga situs mereka akan lebih cepat tampil di search engine.

Lalu bagaimana cara kita mendaftarkan dan mensubmit sitemap blog kita ke search console? Oke langsung saja simak caranya di bawah ini.

Update

Search Console/Webmaster tools sudah update ke tampilan baru. Walaupun masih bisa mengakses tampilan lama, namun ada tool yang akan dihilangkan segera yaitu fetch as google, penggantinya yaitu inspeksi url pada search console yang baru. Untuk langkah-langkah mulai dari submit blog, submit sitemap dan minta pengindeksan pada search console yang baru, kamu bisa baca artikel Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru

Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool/Search Console dan Submit Sitemap

Cara Menambahkan Blog ke Webmaster Tool/Search Console

  1. Pertama, masuk ke webmaster tool www.google.com/webmasters/tools/home.
  2. Saat pertama mungkin kamu akan diminta sign in, silahkan sign in dengan email yang kamu punya atau yang kamu gunakan pada blog kamu(bebas).
  3. Setelah itu kamu klik ADD A PROPERTY, setelah itu isikan pada dialog box yang muncul dengan url blog kamu, untuk lebih mudahnya kamu kunjungi blog kamu lalu copy urlnya pada halaman pertama di blog kamu. Setelah itu klik Add. Nah sekarang blog kamu sudah terdaftar di webmaster tool/search console, dan sudah terverifikasi otomatis(FYI: Dulu harus memverifikasinya manual, dan entah sejak kapan saat Ikhfan coba tadi ternyata sudah langsung terverifikasi).

Tidak ada salahnya kamu mengecek apakah blog kamu sudah terverifikasi di search console atau belum, karena Ikhfan takut kalau blog Ikhfan langsung terverifikasi otomatis karena memang email yang Ikhfan gunakan di situ sudah banyak blog yang terverifikasi search console. Cara mengeceknya yaitu dengan klik icon roda gigi di pojok kanan atas, lalu klik Verification Details. Nah kalau sudah verified berarti sudah terverifikasi ya hehe, mungkin kalau bahasa Indonesia akan lebih mudah dipahami. Ikhfan aja taunya cuma tulisan verified aja
5.
  1. Nah setelah kamu mengecek verifikasi kepemilikan blog kamu, silahkan kembali ke tampilan seperti pertama tadi.
    Selanjutnya kita akan masuk ke langkah submit sitemap blog kamu. Submit sitemap atau peta situs bertujuan untuk meminta bot search engine untuk merayapi seluruh isi dari blog kamu. Intinya untuk mengenalkan blog kamu ke search engine.

    Cara Submit Sitemaps Blogger/Blogspot

    1. Pada dashboard search console tadi, kamu pilih tab Crawl lalu pilih Sitemaps. Lalu kamu klik tombol ADD/TEST SITEMAP yang berwarna orange  pada pojok kanan atas tampilan.
    2. Lalu isikan sitemap.xml atau atom.xml pilih salah satu. Tapi sebelumnya kamu klik Test dulu jangan langsung Submit, takutnya ada yang error. Soalnya saat Ikhfan test dengan mengisikan sitemap.xml ditemukan error, sedangkan saat Ikhfan test yang atom.xml tidak ditemukan error.
    3. Setelah kamu test keduanya atom.xml dan sitemap.xml, pilih yang tidak ditemukan error, apabila keduanya tidak ada yang error pilih salah satunya saja. Misal di sini Ikhfan pakai atom.xml, masukan atom.xml dalam dialog box(langkahnya sama seperti pada saat test tadi), selanjutnya tinggal klik Submit.
    4. Sitemap blog kamu sudah berhasil di submit.
    Selain mendaftarakan dan mensubmit blog kita ke search console, kita juga bisa memanfaatkan fitur fetch as google pada search console untuk mensubmit setiap artikel yang kita buat sehingga artikel kita lebih cepat muncul di search engine google

    Nah selesai sudah tulisan Ikhfan kali ini tentang bagaimana agar blog dan postingan/artikel cepat terindeks search engine. Nah kalau ada kesulitan atau ada kalimat yang membingungkan jangan sungkan tanyakan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.



    0 Response to "Cara Agar Blog Terindeks di pencarian google"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel